-->

Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Resikonya

- 17:11:00
advertise here
Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Resikonya

Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Resikonya. Keluhan kerusakan akan organ hati tentunya akan mengganggu fungsi dan kemampuannya dalam proses memecah sel darah merah dalam memilah toksin dan racun yang ada di dalam darah. Ketika kemampuan hati atau liver menurun maka akan terjadi keluhan tubuh menjadi teracuni, ini dikarenakan adanya pengendapan dan menetapnya racun di dalam tubuh akibat tidak dapat di buang dan atau dipilah oleh hati.

Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Resikonya

Berikut adalah Urutan ketika Organ hati saat mengalami kerusakan

Beberapa Penyebab Penyakit Liver dari adanya resiko penyakit dari adanya kerusakan fungsi hati atau liver:
  1. Akibat dari adanya faktor keturunan atau genetik. Jika adanya riwayat orang tua memiliki riwayat penyakit liver, maka akan semakin besar kemungkinan di turunkan sejak dari bawaan lahir.
  2. Munculnya kelainan-kelainan dalam metabolisme dan atau kerusakan pada tahap awal pencernaan makanan dan munuman
  3. Akibat dari adanya infeksi seperti akibat dari virus ataupun bakteri
  4. Menyukai minuman yang mengandung alkohol, ataupun bersoda tinggi. Dari hasil penelitian alkohol dan soda dapat merusak fungsi dari organ tubuh yang penting, termasuk ke organ hati
Kerusakan fungsi hati yang diakibatkan dari Hepatitis alkoholik, maka akan mendukung timbulnya penyakit lainnya, seperti:
  1. Hepatitis Alkoholik
  2. Penyakit fetty liver, yang berakibat pada pembesaran hati
  3. Adanya keluhan sirosis alkoholik
  4. Efek samping dari mengkonsumsi dan atau penggunaan obat-obatan secara terus menerus, maka akan menyebabkan kerusakan pada fungsi dari hati
  5. Tidak terpenuhinya secara baik dan seimbangnya sumber gizi dan nutrisi bagi tubuh
  6. Pernah mengalami operasi pada bagian perut dan atau pernah melakukan operasi yang berhubungan dengan usus, maka akan mengakibatkan rasa trauma dan atau akan menimbulkan luka setelah menjalani operasi.
Keluhan fungsi hati atau liver yang dapat pula terjadi pada anak-anak, yang dibawa sejak lahir, berikut adalah sedikit penjelasannya, seperti:
  1. Alagille’s syndrome,
    merupakan suatu kondisi atau keadaan dimana saluran empedu mengalami penyempitan dan kondisinya semakin parah, terutama terjadi pada awal tahun pertama kehidupan.
  2. Alpha 1- antitrypsin deficiency,
    yakni penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan oleh adanya faktor genetik yang dimiliki dari gen orang tua yang menurun pada anak yang kemudian berakibat pada penyakit hepatitis dan sirosis ( kerusakan fungsi hati ).
  3. Biliary atresia,
    yakni suatu keadaan dimana saluran empedu yang membentang dari hati ke usus halus terlalu kecil penampangnya atau bahkan sama seklai tidak ada.
  4. Galactosemia
    adalah suatu penyakit yang dari genetik atau keturunan yang tidak dapat mengendalikan gula-gula tertentu di dalam susu formula anak. Susu formula yang banyak mengandung gula akan secara mudah menyebar luas yang menyebabkan kerusakan yang cukup fatal terhadap hati dan organ-organ tubuh lainnya.
  5. Hemorrhagic telangiectasia,
    yakni keadaan dimana terjadi perdarahan yang sering kali terjadi melalui kulit dan saluran pencernaan ke pembuluh darah yang tipis.
  6. Hepatitis aktif kronis,
    yang merupakan gangguan penyakit yang diakibatkan dari peradangan pada organ hati yang mengakibatkan luka yang meninggalkan bekas dan gangguan fungsi hati.
  7. Kanker hati,
    yakni suatu jenis penyakit kronis yang disebabkan adanya gangguan atau kerusakan pada organ tubuh lainnya yang berhubungan langsung pada organ hati. Misalnya lambung, usus yang kemudian berkembang dan menyebar ke organ hati. Namun awal mulanya kanker hati itu muncul dari gangguan fungsi hati itu sendiri.
  8. Neonatal hepatitis,
    adalah hepatitis yang terjadi pada bayi yang baru lahir dan biasanya terjadi pada beberapa bulan pertama kelahiran.
  9. Reye’s syndrome,
    yakni suatu keadaan yang disebabkan adanya kelebihan lemak yang kemudian menyebar luas. Pada beberapa kasus dalam jenis penyakit hati ini dihubungkan oleh penggunaan obat aspirin, terutama yang berhubungan dengan beberapa jenis obat seperti chickenpox, influenza, atau penyakit-penyakit lainnya dengan demam
  10. Thalassemia,
    yakni suatu penyakit yang cukup langka dan jarang sekali ditemukan hanya sekian persen saja orang yang mengidap penyakit Thalassemia. Penyakit Thalassemia masih satu kelompok dengan anemia (kurang darah) atau memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Penderita Thalassemia harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara rutin dan pemberian tambahan darah yang disesuaikan dengan jenis golongan darah.
  11. Tyrosinemia,
    yang merupakan suatu kondisi tubuh yang diakibatkan adanya kelainan yang menyebabkan pad sistem metabolisme pada hati.
  12. Wilson’s disease,
    yakni suatu keadaan yang disebabkan oleh faktor keturunan yang dilatar belakangi oleh adanya perluasan mineral tembaga di dalam hati. Biasanya dikarenakan dari beberapa jenis makanan tertentu.
Baca juga : Minum kopi kurangi risiko kanker hati


Keluhan Penyakit Liver yang dapat terjadi pada orang dewasa, diantaranya:
  1. Terdapat batu empedu pada saluran empedu yang mengakibatkan penyumbatan dan mengganggu fungsi hati untuk membantu empedu menghasilkan cairan empedu. Penderita yang memiliki sakit pada saluran empedu yang di dalamnya terdapat batu empedu akan mengalami penurunan sistem imunitas tubuh secara drastis, beberapa diantaranya ada yang mengalami perubahan bentuk tubuh yang kurus dan gemuk. Bentuk pada batu empedu dalam kategori ringan bila di diagnosis terlihat seperti batu pasir atau batu kerikil dalam jumlah kecil dan menyebar luas di saluran empedu dan bila dalam kategori berat batu empedu akan terlihat seperti sebesar biji kopi.
  2. Hemochromatosis, yakni suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya penyerapan secara berlebihan terhadap zat besi yang disimpan terlalu lama pada organ hati. Penimbunan dari zat besi ini menyebabkan kerusakan pada fungsi hati. Untuk itu keseimbangan akan sumber gizi, nutrisi, vitamin serta mineral sangat dibutuhkan.
  3. Hepatitis, yakni suatu gangguan kesehatan yang diakibatkan adanya peradangan dan infeksi dari organ hati yang disebabkan dari salah satu jenis virus.
  4. Penyakit cystic dari hati, yakni luka-luka yang disebabkan adanya massa yang menghasilkan cairan pada organ hati.
  5. Porphyria, yakni keadaan dimana tubuh salah dalam menggunakan dan mengoptimalkan prohyrins dan fungsi dalam hati. Porphyrins merupakan sel atau hormon guna membantu pembuatan hemoglobin di dalam sel darah merah untuk mengantarkan oksigen keseluruh tubuh.
  6. Primary sclerosing cholangitis, yakni suatu ke adaan tubuh yang mengalami peradangan dan luka goresan didalam saluran empedu dari hati yang semakin menyempit.
  7. Sarcoidosis, yakni suatu penyakit yang menyebabkan suatu perluasan dari luka-luka di hati dan organ-organ tubuh lainnya.
  8. Sirosis, yakni suatu keadaan yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada jaringan dan sel-sel hati yang kemudian diganti oleh jaringan parut.
  9. Type I glycogen storage disease, gangguan fungsi hati yang mengalami gangguan pada pengendalian gula dalam darah yang terjadi apabila seseorang dalam keadaan sedang berpuasa.
Demikian sedikit informasi mengenai Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Resikonya, semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here
 
banner here